Resep Bawang Goreng Pedas Nikmat

Bawang goreng makanan yang bisa di konsumsi dengan berbagai versi baik sebagai camilan, lauk, toping makanan. Makanan ini banyak di gemari karena rasanya yang gurih. Kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Penasaran dengan cara pembuatannya simak resep bawang goreng pedas

Sebelum ke cara pembuatannya, untuk menambah pengetahuan sebaiknya simak penjelasan pengertian bawang. Yuk simak penjelasnnya sebagai berikut.

 

Pengertian Bawang

resep bawang goreng pedas

Bawang Merah ( Allium cepa var ascalonicum (L) Back ) merupakan jenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia. Berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis.

Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur. Bawang Merah adalah tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Tanaman memiliki akar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga.

Umbi tanaman Bawang Merah, terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi yang berlapis. Umbi bawang merah terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Umbi bawang merah bukan merupakan umbi sejati seperti kentang atau talas.

 

Ciri Morfologis Bawang Merah

resep bawang goreng pedas

Ciri-ciri morfologis bawang merah adalah memiliki umbi berlapis, memiliki akar serabut dan berdaun silindris seperti pipa. Bawang merah juga memiliki batang sejati yang disebut “diskus” yang memiliki bentuk seperti cakram, tipis dan pendek sebagai tempat melekatnya akar- akarnya dan tunas akar serta mata tunas atau titik asal mula tumbuhnya.

Pangkal pada daun bawang merah bersatu membentuk batang semu. Batang semu tersebut berada di dalam tanah dan berubah bentuk menjadi umbi lapis atau bulbus. Pada cakram bawang merah di antara lapisan kelopak daun terdapat mata tunas yang bisa tumbuh menjadi tanaman baru.

Baca Juga
Resep Otak Otak Udang Goreng Yang Enak Serta Mudah

Tanaman baru ini disebut dengan tunas lateral. Tunas lateral atau anakan tersebut akan membentuk cakram baru, dan membentuk umbi lapis yang baru. Pada dasar cakram bawang merah tumbuh akar serabut dan dibagian tengah terdapat mata tunas utama yang akan tumbuh paling cepat dan dianggap sebagai tunas apical.

Bunga pada bawang merah adalah sempurna atau hermaproditus yang pada terdiri dari 5-6 helai benang sari. Benang sarinya sendiri tersusun membentuk dua lingkaran yaitu lingkaran dalam dan lingkaran luar. Pada lingkaran luar terdapat 3 benang sari, dan pada lingkaran dalam juga terdapat 3 benang sari.

Benang sari pada lingkaran luar bawang merah biasanya akan tumbuh dewasa dalam 2 sampai 3 hari. Sedangkan benang sari yang terletak pada lingkaran dalam akan tumbuh lebih cepat dibandingkan lingkaran luar tersebut.

 

Resep Bawang Goreng Pedas

resep bawang goreng

Bahan-Bahan :

  • Siapkan 300 gram bawang merah
  • Ambil 300 ml minyak goreng
  • Siapkan Bumbu Halus:
  • Ambil 1/2 sdt garam
  • Gunakan 2 buah cabai merah keriting
  • Sediakan 4 buah cabai rawit

Cara Membuat Bawang Goreng Pedas :

  1. Yang pertama kupas bawang merah menggunakan mesin pengupas bawang, kemudian cuci hingga bersih kemudian tiriskan, harus benar-benar sampai kering ya.
  2. Selanjutnya iris-iris bawang merah tipis-tipis atau bisa juga menggunakan parutan untuk membuat bawang goreng.
  3. Kemudian goreng bawang merah di minyak panas dan api sedang sambil diaduk-aduk agar bawang goreng tidak menyatu dan menempel. Sementara itu, harus sering diaduk aduk agar tidak gosong dan matang merata. Tips agar bawang goreng tidak gosong, ketika sudah mulai kekuningan bawang goreng bisa langsung diangkat, jangan tunggu hingga kecoklatan karena bawang goreng bisa gosong dan pahit.
  4. Setelah di angkat kemudian langsung tiriskan di tisu dapur atau kertas minyak agar minyak yang ada dalam bawang goreng bisa meresap (jangan pernah ditiriskan diatas wajan yang panas hal ini bisa membuat gosong juga). Angin-anginkan dan tunggu hingga dingin.
  5. Selanjutnya membuat sambel pedesnya: uleg cabe dan garam, bisa juga di blender.
  6. Kemudian tumis bumbu halus menggunakan sedikit minyak goreng (bisa pakai minyak sisa menggoreng bawang tadi ya mam). Lalu oseng-oseng bumbu halus agar tidak gosong, jangan lupa icip-icip jika rasa sudah pas matikan kompor, tunggu bumbu hingga dingin.
  7. Setelah dingin masukkan bawang goreng ke dalam bumbu pedas, aduk-aduk hingga semua tercampur.
  8. Selanjutnya angkat dan tiriskan di tisu dapur atau kertas minyak agar minyak di bawang goreng terserap. Setelah dingin barulah pindahkan ke dalam toples agar awet kriuknya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.
Baca Juga
The very best Antivirus Program For Glass windows

Sementara itu mudah bukan resep bawang goreng pedas di atas? sebenarnya mudah aslkan Anda mengikuti langkah demi langkah dengan baik dan benar. Untuk mengupas bawangnya saya menggunkanan mesin pengupas bawang, untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan.